•  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tips Atasi Cemas Saat Akad. Wah akad apanih? Yes betul sekali. Akad pernikahan. Siapa yang sedang merasakannya? Yuk baca artikel berikut.
Pernikahan adalah sebuah peristiwa agung dalam kehidupan seseorang. Inilah gerbang dari pernikahan, adalah adanya satu kalimat akad nikah. Kata-kata agung inilah yang kemudian menjadi kunci sahnya sebuah pernikahan.
Kata-kata akad nikah sepertinya sepela karena memang kata-katanya sudah ditetapkan, tetapi tak sedikit para calon mempelai laki-laki harus mengalami khawatir dihari-hari menelang akad nikah. Atau tidak sedikit juga ditengah prosesi akad berlangsung mempelai cowok harus mengulangi perkataan akadnya sebab lupa ataupun salah pelafalan.
Bagusnya memang sekali ucap langsung bisa sah. Namun lagi-lagi permasalahan psikologis yang kadang tak terbayang seperti khawatir berlebebihan itu harus dapat diminimalis sebelumnya sehingga momen akad nikah lebih hikmad. Kemudian apa saja cara mengurangi khawatir sebelum akad nikah. Ini tipsnya.
1. Berlatih
Berlatih disini artinya adalah berlatih melafalkan kata-kata akad nikah. Dengan berlatih seseorang itu sebenarnya sedang berproses meminimalis kecemasannya. Karena prinsip dasar dari menanggulangi problem psikologis salah satunya dengan teknik ditumpahkan. Menyalurkan apa yang sedang dicemaskan.
Berlatih mengutarakan kata-kata akad merupakan satu teknik menyalurkan hal yang tengah dicemaskan. Harapannya semakin sering latihan semakin berkurang juga kecemasannya.
2. Visualisasi
Apa itu visualisasi? Visualisasi adalah proses dimana seluruh indra secara sadar diajak untuk mendatangkan suasana yang sebenarnya sedang dicemaskan. Jadi cobalah berusaha menghadirkan seakan-akan momen akad nikah tengah berlangsung secara nyata. Dan aturlah diri dengan suasana setenang mungkin saat proses visualisasi berlangsung.

Semakin sering visualisasi dilatih insyaallah dapat semakin berpengaruh mengurangi kecemasan berlebihan akan proses akad nikah. Jadi dapat lancar dalam mengucapkan kalimat akad. Selamat ya barakallaah.
3. Banyak Dzikir
Selain ikhtiar yang berdasar pada ilmu manusia, ternyata kita butuh langkah yang sudah diajarkan dalam agama Islam. Ya berdzikir. Dalam Qur’ a difirmankan bahwa dengan berdzikir hati akan tenang. Ini sudah mutlak wajib kita yakini sebelum diamalkan.

Perbanyak dzikir dan mendekatlah pada Maha Penentu cerita hidup manusia. Allahlah yang dapat menghendaki apa pun yang Dia kehendaki. Semoga dengan memperbanyak istighfar mampu menjadi teknik non medis mengurangi kecemasan sahabat semuanya.
4. Banyak Do’a
Doa adalah senjata umat Islam. Ibarat perang maka senjata adalah amunisi jasad yang wajib disiapkan. Perbanyaklah doa, memohon dengan penuh kepadaNya. Sebab tak ada yang tidak mungkin dikuasaNya.

Dengan memperbanyak doa artinya hati kita sudah menerima bahwa ada Tuhan yang Maha Segalanya mampu merpermudah apa saja jika kita terus memintanya. Sehingga semoga bisa membuat hati kita lebih tenang dan tidak grogi berlebihan. Problem kecemasan yang berlebihan kebanyakan berasal dari kondisi hati yang kurang akan iman, kurang oleh kedekatan dengan Tuhan.

Dasarnya, semakin grogi semakin perdekat ikatan kita denganNya sehingga kecemasan itu tak lagi ada di hati.

Butuh kata-kata cinta untuk pasangan bisa baca disini.

Selamat berlatih, bervisualisasi, berdzikir dan memohon. Keyakinan atau keimanan akan menumbuhkan ketenangan. Memang tak semudah membalik telapak tangan, tapi bisa diusahakan.


1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

FavoriteLoadingFavorit

Tentang penulis