Tersembunyi di Ujung Timur Yogyakarta, Pantai Krokoh Terlihat Eksotis Dikelilingi Bukit
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Travelling ke Wilayah Spesial Yogyakarta belum komplet tanpa ada berkunjung ke Gunungkidul. Ada di Gunungkidul, tidak hanya dimanja dengan panorama pegunungan yang istimewa. Traveler dapat juga bermain di pantainya yang eksotis.

Salah satunya pantai yang dapat jadi pilihan didatangi saat ada di Gunungkidul ialah Krokoh. Ada di ujung paling timur Yogyakarta, pantai ini dapat menarik wistawan untuk hadir.

Pantai berpasir putih yang indah ini ada di Desa Songbayu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul. Bersebelahan langsung nama bayi perempuan awalan huruf dengan Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Pantai yang masih alami ini dijepit oleh dua tebing karang yang lumayan tinggi.

“Nah ini baru namanya pantai. Masih sepi terasanya pantai pribadi, belumlah ada sarana seperti warung atau toilet. Jika kesini kendaraan dapat parkir di dalam rumah masyarakat diteruskan jalan kaki seputar 1 km, lelah sich tetapi terbayarkan dengan pemandangannya,” catat Instagram @jogjaku, diambil Selasa (14/1/2020).

Waktu air surut, di bagian fundamen laut akan kelihatan batu karang yang ditumbuhi rumput laut serta ganggang laut. Pantai yang tidak luas ini punya air laut berwarna biru yang jernih. Ombaknya juga relatif tenang. Jumlahnya pohon-pohon yang teduh semakin meningkatkan keasrian pantai ini.

Pantai Krokoh kelihatan seperti teluk kecil. Memiliki bentuk seperti huruf U, dengan benteng berbentuk bukit-bukit di sekitarnya. Jadi, Anda dapat bebas melakukan aktivitas di pantai ini. Bermain pasir, bermain air, serta berenang. Pantai ini seakan punya pribadi.

Bila ingin menyepi serta cari ketenangan, di sini tempatnya. Cuma ada suara ombak serta angin laut. Anda dapat juga berkemah di pantai ini. Mendekati sore, di Pantai Krokoh kelihatan beberapa pemicu atau nelayan dari masyarakat seputar. Umumnya mereka memancing gurita serta menempatkan perangkap untuk memperoleh lobster.

Tidak ada ticket masuk waktu bertandang kesini. Biaya parkir di dalam rumah masyarakat juga seikhlasnya. Seharusnya, bawa minuman dan makanan sendiri, sebab belumlah ada warung makan di sini.

Tidak ada transportasi biasa langsung ke arah kesini, sebab terletak ada di wilayah terpencil. Lebih baik memakai kendaraan pribadi. Dari Kota Yogyakarta, jaraknya seputar 94 km, dengan waktu pintas seputar 3 jam. Bagaimana, tertarik menelusuri pantai yang ada di ujung paling timur Yogyakarta?


1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

FavoriteLoadingFavorit

Tentang penulis