Tebak Gaya Rumah di Desa Cijeruk Ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Kalau biasanya kita lihat dipelosok, hunian berderet sederhana bahkan sebagian masih berselang dengan kebun atau sawah yang membentang.

Namun beda dengan hunian yang satu ini, katanya terinspirasi sebuah rumah ketika sedang jalan-jalan di Jerman, sang pemilik memindahkan gaya rumah tersebut ke Tanah Air. Tepatnya di kawasan Loji, Desa Cijeruk, Kabupaten Bogor. Sebuah ide yang tak keliru, mengingat di lokasi itu juga cenderung berhawa dingin seperti di Eropa.

Singkat cerita saking terkesannya dengan hunian di Eropa. Sang pemilik itu memotret rumah kemudian dibawanya ke seorang arsitek berpendidikan Amerika.

Semua kesan dan inspirasi digambar dan direka-reka oleh sang arsitek hingga berwujud sebuah rumah liburan yang diberi nama Villa Kazeda.

Meski rumah Eropa, tak mengalami adaptasi apapun ketika “dipindahkan” ke Indonesia yang secara umum beriklim tropis. “Atap yang panjang di kedua sisi atap rumah yang di sana saya pikir untuk menahan angin kencang saat musim salju, di sini pun untuk menahan angin kencang karena di sini anginnya kencang juga. Rumah jadi terlindungi,” katanya pada rumah123.com.

Rumah di eropa sana dipasangi heater, sedangkan disini ingin dipasangi AC. Tapi, karena ternyata di sini seringnya dingin ya urung dipasangi AC

Dinding eksterior rumah yang berdiri di lahan seluas 4.000 meter persegi ini menampilkan batu bata ekspos. Dari jauh rumah yang dibangun pada sekitar 2006 ini terlihat berwarna merah, sehingga ada orang yang menyebutnya Vila Merah. Juga tampak hanya satu lantai kalau dari kejauhan. Namun, dari dekat baru ketahuan deh bahwa rumah ini terdiri atas dua lantai.

Sang pemilik sengaja minta ke arsiteknya supaya lahan khusus untuk rumah digali menjadi datar, sementara lahan di sekitarnya berkontur tak rata. Karena digali, jadi rumahnya dari jauh tampak mendem sehingga dikira orang cuma satu lantai.


1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (2 votes, average: 5.00 out of 5)
Loading...

FavoriteLoadingFavorit

Tentang penulis