Puskesmas Keren, Kelas Hotel di Pangandaran
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Pelayanan kesehatan memang sangat mutlak diperlukan, terutama untuk mengakomodir kebutuhan masyarakat didaerah. Pangandaran berhasil meraih predikat paripurna dimana 4 desa di Jawabarat pun pernah meraihnya.

Puskesmas Pangandaran di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat mencatatkan prestasi membanggakan setelah mendapatkan akreditasi paripurna. Akreditasi tertinggi ini merupakan yang pertama di Priangan Timur, bahkan hanya diraih beberapa puskesmas di Jawa Barat.

Berdasarkan Status Akreditasi Puskesmas dari Kemenkes RI yang diterima Dinkes Pangandaran awal tahun ini, Puskesmas Pangandaran tercatat satu-satunya yang meraih predikat paripurna dari 88 Puskesmas yang didaftarkan di Jawa Barat pada periode terakhir.

Dengan capaian ini, Puskesmas Pangandaran menjadi yang kelima di Jawa Barat menyandang status ini. Empat lainnya, masing-masing 2 di Kabupaten Cirebon, 1 di Kota Bandung dan 1 di Kota Bekasi.

Tak sampai di situ, dari lima Puskesmas terakreditasi paripurna di Jawa Barat, Puskesmas Pangandaran adalah satu-satunya di Jawa Barat yang berstatus Dengan Tempat Perawatan (DTP) atau memiliki tempat rawat inap.

Ketua Tim Survey Kementrian Kesehatan Diding Sarifudin menjelaskan predikat paripurna didasarkan pada sejumlah aspek penilaian meliputi administrasi dan manajemen, upaya kesehatan perorangan, serta upaya kesehatan masyarakat. “Yang jelas bagus, gedungnya bagus, pelayanannya bagus,” ujar Diding melalui sambungan telepon, Kamis (7/2/2019).

Atas pencapaian yang diraih, Kepala Puskesmas Pangandaran dr Aris Rismawan mengaku sangat senang. Aris menjelaskan, prestasi tersebut tidak lepas dari komitmen Pemerintah Kabupaten Pangandaran yang menginginkan pelayanan kesehatan prima untuk masyarakat.

“Kita berterimakasih kepada Pak Bupati, terutama dari sisi fasilitas dan koordinasi yang dibangun,” kata Aris yang juga Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Pangandaran.

Dari sisi fasilitas, menurut Aris, Pemkab Pangandaran sedari awal menginginkan pelayanan Puskesmas Pangandaran setara hotel bintang tiga. Misalnya ia menggambarkan, satu ruangan hanya dua tempat tidur, dilengkapi AC, televisi, serta kamar mandi dengan kloset duduk.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pangandaran Yani Achmad Marzuki menuturkan pencapaian akreditasi merupakan komitmen Pemerintah Kabupaten Pangandaran menguatkan pelayanan kesehatan, yang sebelumnya kerap dikeluhkan warga.

“Kita sekarang pelayanan kesehatan dasar sudah gratis. Dan seluruh puskesmas sedang kita dorong terakreditasi,” kata Yani.

Dia melaporkan, saat ini di Kabupaten Pangandaran terdapat 15 Puskesmas. Dari jumlah tersebut, 11 sudah terakreditasi dengan predikat dasar, madya hingga utama. Sementara empat sisanya, menurut Yani, akan diajukan tahun ini.


1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

FavoriteLoadingFavorit

Tentang penulis