Mulai Tahun Ini Penyaluran Dana Desa 40% di Tahap
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengubah pola pendistribusian dana desa untum tahun budget 2020. Mulai tahun ini pendistribusian dana desa akan dikerjakan sebesar 40 % di step I, selanjutnya 40 % di step II serta 20 % bekasnya di step III.

penentuan pola pendistribusian dana arti nama saya desa ditata dalam Ketentuan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 205 Tahun 2019 mengenai Pengendalian Dana Desa. Pola ini tidak sama dengan awalnya yang 20 % di step I, selanjutnya semasing 40 % di step II serta step III.

Untuk step I pencairan akan dikerjakan paling cepat Januari serta paling lamban Juni. Sedang step II dicairkan paling cepat Maret serta paling lamban minggu ke empat Agustus, dan step III paling cepat cair Juli.

Bagaimana respon anda tentang artikel ini?

Selain itu, pendistribusian untuk desa mandiri akan dikerjakan dalam dua step. Step I pencairan paling cepat Januari atau paling lamban Juni sebesar 60 %, sedang step II dicairkan paling cepat Juli sebesar 40 %.

Mengenai kriteria untuk pencairan dana desa step I yakni, penerbitan ketentuan bupati/wali kota tentang tata langkah pembagian serta penentuan perincian dana desa, penerbitan ketentuan desa tentang APBDes, serta penerbitan surat kuasa pemindahbukuan dana desa.

Ketentuan pencairan step II ialah membuat laporan realisasi penyerapan serta perolehan keluaran dana desa tahun budget awalnya, membuat laporan realisasi penyerapan step I dengan rata-rata penyerapan sebesar 50 % serta rata-rata keluaran sedikitnya 35 %.

Selanjutnya ketentuan pencairan step III yakni membuat laporan realisasi penyerapan serta perolehan keluaran dana desa sampai step II dengan rata-rata realisasi penyerapan sedikitnya 90 % serta rata-rata keluaran sedikitnya 75 %, membuat laporan konvergensi mencegah stunting tingkat desa tahun budget awalnya.

Tidak hanya kriteria barusan, kepala wilayah disuruh untuk mengonfirmasi jumlahnya desa yang berada di daerah semasing dengan memperbandingkan jumlahnya tahun awalnya dengan data jumlahnya desa canggih yang dipunyai Kementerian Dalam Negeri


1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

FavoriteLoadingFavorit

Tentang penulis