Kecamatan Tawangsari adakan Pembekalan KPMD
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Dalam rangka meningkatkan kinerja Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa (KPMD) kecamatan Tawangsari Kabupaten Sukoharjo memfasilitasi pembekalan KPMD  di Aula Kecamatan Tawangsari, (7/3/2017). Hal ini dilakukan mengingat banyak keluhan bahwa ternyata peran  yang dibentuk tahun 2016 belum bisa kerja maksimal sesuai dengan yang diharapkan. “Mungkin selain karena pembuatannya juga terkesan dipaksakan tapi juga belum ada pembekalan untuk mereka akan tugas-tugas apa yang akan mereka lakukan.

Akhirnya hingga penghujung tahun 2016 kemarin KPMD masih tidak bisa menjalankan fungsinya”, Ungkap Babang SekcamTawangsari dalam sambutannya.

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh KPMD di Semua desa masing-masing desa ada 5 peserta. Adapun pematerinya berasal dari Heri, Kasi Pemerintahan Kecamatan Tawangsari dan para tenaga ahli dari Kab.Sukoharjo dan juga Pendamping Desa Kecamatan Tawangsari.

Apa itu KPMD

KPMD adalah salah satu pendamping Desa  yang diharapkan terlibat secara aktif dalam proses pembangunan di Desa. Hal ini berdasarkan  ketentuan Peraturan Menteri Desa, PDT dan Transmigrasi Nomor 3 Tahun 2015 Tentang Pendampingan Desa.

MAKSUD DAN TUJUAN

MAKSUD

Mendorong partisipasi dan gotong royong masyarakat untuk terlibat secara aktif dalam proses pembangunan desa mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengendalian dan pelestarian

TUJUAN

  1. Meningkatkan peran dan fungsi Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa dalam melakukan pendampingan implementasi Undang-Undang Desa
  2. Meningkatkan keterlibatan KPMD sebagai representasi masyarakat dalam dalam forum-forum musyawarah untuk menampung, mengawal dan memperjuangkan usulan prioritas kebutuhan masyarakat
  3. Mendorong partisipasi masyarakat untuk terlibat secara aktif dalam proses pembangunan desa

KRITERIA, SYARAT DAN PEMBENTUKAN KPMD

Jumlah KPMD terdiri dari :

  1. Jumlah KPMD berjumlah 5 orang adalah KPMD eks KPMD PNPM MPd
  2. Sekurang-kurangnya 1 orang dari perwakilan perempuan

Syarat KPMD :

  1. Mempunyai wawasan yang luas dalam pembangunan dan pemberdayaan di desa dan diterima oleh masyarakat
  2. Warga setempat dibuktikan dengan KTP
  3. Bukan pengurus partai politik
  4. Minimal pendidikan SLTA
  5. Bukan perangkat desa dan kepala desa berikut pasangannya
  6. Bukan BPD berikut pasangannya
  7. Bukan PNS
  8. Mempunyai waktu yang cukup untuk menjalankan tugas sebagai KPMD
  9. Pernah mengikuti pelatihan terkait dengan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa (misalnya pelatihan kader PKK, kader Posyandu, kader Karang Taruna dll)

Pembentukan KPMD :

  1. Bila KPMD eks PNPM MPd tidak bersedia lagi diangkat sebagai KPMD maka pembentukan KPMD melalui penjaringan dan pemilihan dalam Musyawarah Desa, mekanisme penjaringan dan pemilihan ditetapkan dalam Musyawarah Desa
  2. Pembentukan KPMD atau pengangkatan kembali KPMD eks PNPM MPd menjadi KPMD disepakati dalam Musyawarah Desa, dibuktikan dengan Berita Acara Musyawarah, notulen dan daftar hadir Musyawarah Desa)
  3. Ditetapkan dengan Keputusan Kepala Desa

TUGAS DAN TANGGUNGJAWAB KPMD

Tugas dan tanggungjawab KPMD sebenarnya sudah tertuang dalam SK Kepala desa yang kemudian dipertegas lagi dalam Surat Pernyataan yang dibuat oleh KPMD di masing-masing desa. Apa saja yang menjadi Tugas dan tanggungjawab KMPD dapat kita lihat dibawah ini.

TUGAS KPMD

  1. KPMD sebagai representasi masyarakat dalam forum-forum musyawarah untuk menampung, mengawal dan memperjuangkan usulan prioritas kebutuhan masyarakat.
  2. KPMD bertugas untuk menumbuhkan dan mengembangkan, menggerakkan prakarsa, mendorong partisipasi masyarakat untuk terlibat secara aktif dalam proses pembangunan desa dan swadaya gotong royong.
  3. KPMD mendampingi Kepala Desa dalam hal pengelolaan dan pengorganisasian pembangunan desa (Perencanaan, Pelaksanaan dan Pemeliharaan).

TANGGUNGJAWAB KPMD

  1. Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa (KPMD) wajib mengisi daftar hadir / buku tamu pada saat mengikuti musyawarah dan atau rapat di tingkat Dusun, Desa dan Kecamatan dan Kabupaten
  2. Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa (KPMD) mempertanggungjawabkan pemasukan dan pengeluaran dana Bantuan Operasional dengan menggunakan Buku Kas Bantu sederhana. Sumber http://pondokedukasidesa.blogspot.co.id

Oleh: Sulatri

Pemerhati Desa (selengkapnya liat latrinews.blogspot.com)

 

 


1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

FavoriteLoadingFavorit

Tentang penulis

sulatri

Sulatri