•  
  •  
  •  
  •  
  •  

Jaksa Agung HM Prasetyo menjelaskan, tidak bisa ada instansi yang mempunyai wewenang mengagumkan, terhitung instansi penegak hukum.

Pengakuan itu dikatakan Prasetyo dalam Rapat Kerja bersama dengan Komisi III DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin  terutamanya waktu kiharga.com mengulas penyatuan wewenang penunututan dengan penyidikan serta penyelidikan penegak hukum.

Waktu diberi pertanyaan apa pengakuan itu mengarah pada Komisi Pembasmian Korupsi (KPK) yang mempunyai tiga wewenang itu, dia malas menjawabnya. “Instansi apa pun, tidak cuma instansi hukum. Instansi apa pun.

Jika tidak termonitor ya dapat sewenang-wenang,” kata Prasetyo. Baca: Menurut Jaksa Agung, OTT Sering Buat Ribut Dia menjelaskan, hal tersebut sempat juga disampaikn oleh Corrupt Practices Investigation Beareau (instansi pembasmian korupsi Singapura) serta Suruhanjaya Mencegah Rasuah Malaysia (instansi pembasmian korupsi Malaysia) waktu bertandang ke kejaksaan. Ke-2 instansi itu, katanya, sama pendapat jika lembaga penegak hukum yang dikasih wewenang mengagumkan serta tanpa ada kontrol condong akan sewenang-wenang. “Mereka serta mengemukakan pada kami jika lembaga apa pun terhitung penegak hukum yang dikasih wewenang mengagumkan besar, tanpa ada batas, tanpa ada kontrol condong akan merasakan paling benar sendiri.

Merasakan tidak bisa disentuh serta merasakan tidak bisa dipersalahkan,” lanjut ia. Baca: Jaksa Agung Kira OTT Buat Ribut, Apa Kata KPK? harga helm Kyt Oleh karenanya, dia menyarankam supaya peranan penuntutan tindak pidana korupsi (tipikor) dikembalikan pada korps Adhyaksa. Menurutnya,

Indonesia butuh berkaca pada pembasmian korupsi di Malaysia serta Singapura, yang wewenang penuntutan masih ada pada kejaksaan. “Baik KPK Singapura serta Malaysia terbatas pada fungsin penyidikan serta penyidkan saja.

Serta walau KPK Malaysia mempunyai peranan penuntutan tetapi dalam melaksankana wewenang itu harus mendapatkan izin terlebih dulu ke Jaksa Agung Malaysia,” tutur Prasetyo.


1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

FavoriteLoadingFavorit

Tentang penulis