•  
  •  
  •  
  •  
  •  

Hasil analisa Kementerian Rencana Pembangunan Nasional (PPN)/Tubuh Rencana Pembangunan Nasional ( Bappenas) menjelaskan berbelanja barang Kementerian Pertanian ( Kementan) berbentuk alat mesin pertanian (Alsintan) mempunyai efek positif pada perkembangan ekonomi di pedesaan. Tiap penambahan satu % berbelanja Alsintan, karena itu menggerakkan 0,33 % penambahan subsektor pertanian, peternakan, pemburuan, serta layanan pertanian di wilayah. Tentang data analisa itu, Ekonom dari Kampus Islam Bandung (Unisba) Rabiatul Adwiyah menjelaskan catatan ini benar-benar relevan dengan program terobosan serta implementasinya di lapangan.

Masalahnya Menteri Pertanian ( Mentan) Andi Amran Sulaiman benar-benar serius kembalikan kejayaan pertanian Indonesia. Kenyataannya pertanian Indonesia sekarang jadi kekinian,” papar Rabiatul lewat launching Football TV Streaming tercatat, Rabu (21/8/2019). Alsintan kekinian juga, sambungnya, bukan sekedar berada di Pulau Jawa atau sentral produksi, tetapi telah tiba ke tempat pertanian yang berada di pelosok atau tepian.

Menurut Sekretaris Pusat Hak Kekayaan Cendekiawan serta Pengembangan Instansi Riset serta Dedikasi Pada Warga (LPPM) Unisba ini, tidak hanya dari program terobosan serta bukti di lapangan, hasil analisa Bappenas juga benar-benar sesuai dengan perolehan pembangunan pertanian dalam mengusung kapasitas makro perekonomian. Contohnya, dengan menganalisa data yang dibuat Tubuh Pusat Statistik (BPS), export komoditas pertanian 2013 cuma 33 juta ton, tetapi melompat tajam jadi 42,5 juta ton pada 2018.


1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

FavoriteLoadingFavorit

Tentang penulis