Bersama Membangun Desa Forum Kategori Keuangan & aset Rekrutmen Pendamping Desa

Rekrutmen Pendamping Desa

Bersama Membangun Desa Forum Kategori Keuangan & aset Rekrutmen Pendamping Desa

Topik ini memiliki 9 replies, 9 voices, dan update terakhir oleh  manisan 1 year, 5 months ago.

  • Author
    Replies
  • #2039

    Saya mendapat WA dari teman di lapangan beberapa permasalahan dalam pendaftaran online pendamping desa 2016, mari kita diskusikan:

    1. Kalau sudah mendaftar onlen ada kesalahan input data, shingga tidak memenuhi persyaratan sehingga tidak lolos itu da solusi untuk merevisi dan ndaftar lagi? Bagaimana pula jika ketika mengupload signal di daerah lelet sehingga terputus yang menjadikan kita juga tertolak.
    2. Menurut informasi satker (provinsi) mereka tdk punya kewenangan. Provinsi hanya diminta 2 org yang terlibat dalam tim dan leading-nya bukan mereka. Lalu siapa yang menentukan lolos tidaknya peserta?

    Silakan teman-teman yang punya informasi bisa memberikan klarifikasi atas kegalauan teman-teman dilapangan.

    salam,

  • #2040

    Daerah di Indonesia tidak semuanya memiliki akses internet yang cukup baik, seharusnya website Kemendesa juga menyediakan fasilitas untuk mendownload form pendaftaran manual. pendaftaran juga harus terbuka melalui media offline.

    Apakah ada yang memiliki manual resmi tentang rekrutmen pendampingan desa, selain informasi yang disampaikan di Website

    salam,

  • #2041

    Semoga prosesnya berjalan lancar, transparan dan akuntabel. Tdk menimbulkan kericuhan dr kelompok manapun…

  • #2042

    Menurut saya, sistem online yang dikembangkan Kemendesa perlu diapresiasi namun juga harus dipastikan ke’handalan’ sistem yang mereka bangun (minimal semudah kita mau booking tiket pesawat). Hal ini penting untuk memastikan para pendaftar yang sudah berusaha mengikuti prosedur akan terjebak pada teknis operasional seperti sinyal internet dan listrik.
    Usul langkah antisipasi;
    1. Daerah dengan kondisi infrastruktur terbatas (sinyal dan listrik), selain online bisa dikembangkan sistem offline (dg kuota terbatas dan affirmasi).
    2. Menu dan sistem operasional yang dimunculkan di website jangan terlalu banyak meminta data pendukung, data pendukung dipergunakan saat proses wawancara atau klarifikasi dokumen saja.
    3. Saluran komplain perlu dibuka untuk mengantisipasi (terutama pendaftar yang sudah memasukkan data).
    4. Proteksi data pendaftar, bisa diberikan melalui akun berupa nomer atau password antisipasi banjirnya komplain- agar memastikan memang data yang diberikan bisa dicross cek jika ada masalah.
    5. Sosialisasi melalui website atau medsos.. untuk memastikan proses bisa terpantau, lengkapi dengan jadwal dan prosedur yang ketat.

    Semoga proses ini bisa berjalan baik dan membwa kebaikan bagi semua..

  • #2043

    Lakukan dengan profesional agar menghasilkan pendamping yang mumpuni, bukan cuma sekadar memiliki kemampuan substansi tentang UU Desa, namun juga yang memliki semangat dan integritas tinggi dengan komunitas desa.

    PRosesnya harus terus dikawal, agar tidak terjadi praktik manipulatif.

    • #2067

      test nya perlu diperjelas prosedurnya,

  • #2238

    tanya dong bung Admin,

    sampai saat ini proses rekrutmen apakah sudah ada pengumuman secara resmi via online ataukah hanya yang masuk kreteria yang dipanggil?
    karena belum ada pengumunan yang ditemukan baik online maupun via media massa

    salam

  • #3099

    Pemerintah desa (pemdes) di Sukoharjo membentuk tim panitia seleksi penerimaan perangkat desa (perdes) mulai pekan ini. Saat ini, sebagian pemerintah desa telah menata sumber daya manusia (SDM) perdes sesuai susunan organisasi tata kerja (SOTK) masing-masing desa.

    Pendaftaran peserta seleksi penerimaan perdes dibuka setelah kepala desa (kades) membentuk tim panitia seleksi. Para kades bakal membentuk tim panitia seleksi penerimaan perangkat desa mulai Senin (27/11/2017).

    “Jadwal pembentukan panitia seleksi penerimaan perdes berbeda-beda di masing-masing desa. Kami bakal membentuk panitia seleksi penerimaan perdes pada pekan ini,” kata Kepala Desa Plesan, Kecamatan Nguter, Djoko Listyono, saat dihubungi Solopos.com, Minggu (26/11/2017). (Baca: 294 Perdes Lowong, Pemkab Sukoharjo Pilih Mutasi Ketimbang Merekrut Baru)

    Panitia bakal menyeleksi berkas administrasi masing-masing pendaftar. Jumlah pendaftar setiap lowongan minimal dua orang. Apabila tak ada pendaftar, pendaftaran untuk lowongan bersangkutan diperpanjang selama lima hari.

    Djoko bakal berkoordinasi dengan camat selama proses seleksi penerimaan perdes. “Camat bakal memberi solusi jika ada permasalahan harga hp samsung saat pelaksanaan seleksi penerimaan perdes. Kemungkinan besar ujian tertulis seleksi penerimaan perdes dilaksanakan pertengahan Desember,” ujar dia.

    Djoko telah menata SDM pamong desa sesuai SOTK perdes yang mengacu pada Permendagri No. 67/2017 tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa. Sesuai regulasi, ada dua opsi pengisian perangkat desa yakni mutasi dan seleksi penerimaan calon perangkat desa.

    Djoko menambahkan kekosongan jabatan perdes harus segera diisi untuk menunjang jalannya roda pemerintahan desa. “Misalnya, jabatan kepala dusun kosong bakal berdampak pada pelayanan administrasi. Mereka berinteraksi langsung dengan warga sehingga paham berbagai masalah dan potensi desa yang bisa dikembangkan,” tutur dia.

    Hal senada diungkapkan Kepala Desa Kedungwinong, Kecamatan Nguter, Ruswiyoko. Proses seleksi penerimaan perdes ditarget rampung pada akhir Desember. Karena itu, kades harus segera membentuk panitia seleksi penerimaan perdes pada akhir November.

    Ruswiyoko berharap pelaksanaan seleksi penerimaan perdes berjalan mulus. “Pembuat naskah soal ujian tertulis berasal dari perguruan tinggi untuk menjamin transparansi,” kata dia.

  • #3125

    sekarang sudah tidak bisa yaa min.
    yalla shoot

Anda harus masuk untuk membalas topik ini.

Vote Topik