Bersama Membangun Desa Forum Kategori Keuangan & aset Pelayanan Publik Desa

Pelayanan Publik Desa

Bersama Membangun Desa Forum Kategori Keuangan & aset Pelayanan Publik Desa

Topik ini memiliki 3 replies, 4 voices, dan update terakhir oleh  ANDRE PRAMANA FIRMAN 7 months, 3 weeks ago.

  • Author
    Replies
  • #2152

    yang perlu didefinisikan adalah sebenarnya pelayanan publik oleh desa itu apa ya? ada yang bisa memberikan pencerahan..

  • #3098

    Dusun Ledok Tukangan di Yogyakarta, terkenal sebagai kampung preman. Dulunya tidak sembarang orang berani mendekati dusun bantaran, Kali Code –perlintasan sungai lahar lereng Gunung Merapi.

    Tempat sangar ini menjadi sarang begal, kecu, rampok, copet, hingga residivis pembunuhan awal tahun 2000-an.

    “Dulunya kampung ini sudah terkenal di seluruh Yogyakarta, semua yang jelek-jelek ada di sini, dari maling, rampok, tukang bacok orang. Ada semua,” kata warga Dusun Ledok, Deki Bagus Wahyu (38), Kamis, 30 November 2017.

    Kehidupan keras di Dusun Ledok bukan tanpa sebab. Saat itu, sebagian besar penghuninya adalah pekerja serabutan tanpa penghasilan tetap.

    Aktivitasnya diisi dengan hal negatif, seperti nongkrong dan mabuk-mabukan, sembari iseng mengganggu setiap yang lewat di gang sempit Malioboro dan Pasar Lempuyangan, Yogyakarta.

    Semua ini secara turun-temurun akhirnya membentuk psikologis warga Dusun Ledok menjadi sosok keras dan temperamental. Alhasil, tidaklah hp terbaru 2018 mengherankan tekanan ekonomi plus lingkungan yang keras menjadikan Dusun Ledok dijuluki kampung premannya Yogyakarta.

    Satu di antaranya adalah Deki yang sudah terkenal seantero Yogyakarta. Berbadan tegap nan gempal, pria asli Ledok ini terbilang disegani sepanjang Jalan Malioboro dan sekitarnya.

    Pernah pada suatu masa, Deki sendirian saja menyatroni satu organisasi masyarakat lokal yang kerap menebar keresahan. “Saya datangi hanya berdua saja di markasnya, saya tanya, karepmu opo saiki? Tak layani di sini,” sebutnya.

    Deki tidak terima bila kedamaian kota terusik ulah kelompok radikal yang mengatasnamakan agama. Menurut dia, Yogyakarta menjadi simbol pluralisme di mana kesederhanaan warganya sudah mempersatukan lintas agama, ras, dan golongan.

  • #3140

    Pengkajian pada Kewenangan Desa harus lebih insentif hal ini dikarenakan kewenangan desa yang dimaksud lebih melihat kemampuan desa dalam melaksanakan pemerintahan nya sendiri secara mandiri sesuai dengan mandat UU No 6 tahun 2014. pada sekarang ini inventarisasi kewenangan desa telah dilaksanakan akan tetapi muncul sebuah pertanyaan apakah kewenangan tersebut sesuai dengan kemampuan desa yang dimiliki selain itu secara anggaran apakah desa memiliki anggaran yang cukup dan apakah kebutuhan desa telah terakomodir secara utuh berdasarkan kewenanganya sendiri ?

Anda harus masuk untuk membalas topik ini.