Bersama Membangun Desa Forum Kategori Keuangan & aset Mengenal Swakelola Desa

Mengenal Swakelola Desa

Bersama Membangun Desa Forum Kategori Keuangan & aset Mengenal Swakelola Desa

Topik ini memiliki 4 replies, 5 voices, dan update terakhir oleh  Rinaldi Suwandi 5 months ago.

  • Author
    Replies
  • #3073

    APBDesa terbagi dalam pendapatan desa, berbelanja desa serta pembiayaan. Rancangan APBDesa dibicarakan dalam musyawarah rencana pembangunan desa. Kepala Desa dengan Tubuh Permusyawaratan Desa (BPD_ mengambil keputusan APBDesa tiap-tiap th. dengan Ketentuan Desa.
    Pertama, Pendapatan Desa.

    Yaitu semuanya penerimaan uang lewat rekening desa yang disebut hak desa dalam 1 (satu) th. biaya yang tidaklah perlu dibayar kembali oleh desa. Mengenai Pendapatan Desa datang dari Pendapatan Asli Desa, yaitu dari hasil usaha, hasil aset, swadaya, partisipasi serta gotong-royong dan sebagainya pendapatan asli desa yang sah. Lantas, Pendapatan Desa juga datang dari transfer yaitu Dana Desa, sisi dari Hasil Pajak sholat istikhoroh Daerah Kabupaten/Kota serta Retribusi Daerah, Alokasi Dana Desa (ADD), Pertolongan Keuangan dari APBD Propinsi serta Pertolongan Keuangan APBD Kabupaten/Kota. Setelah itu, Pendapatan Desa dapat juga datang dari Pendapatan Lain-lain, yaitu Hibah serta Sumbangan dari pihak ke-3 yg tidak mengikat dan sebagainya pendapatan desa yang sah.
    Ke-2, Berbelanja Desa.

    Yaitu mencakup semuanya pengeluaran dari rekening desa yang disebut keharusan desa dalam 1 (satu) th. biaya yang akan tidak didapat pembayarannya kembali oleh desa. Berbelanja Desa dipakai dalam rencana mendanai penyelenggaraan kewenangan desa.

    Mengenai klasifikasi berbelanja desa terdiri atas penyelenggaraan pemerintahan desa, proses pembangunan desa, pembinaan kemasyarakatan desa, pemberdayaan orang-orang desa, serta berbelanja tidak terduga. Klafikasi berbelanja itu dibagi puasa asyura dalam aktivitas yang sesuai sama keperluan desa yang sudah dituangkan dalam Gagasan Kerja Pemerintah Desa (RKPDesa). Serta semua aktivitas berbelanja itu bermuara pada aktivitas berbelanja pegawai, berbelanja barang & layanan serta berbelanja modal.
    Ke-3, Pembiayaan Desa.

    Pembiayaan Desa terbagi dalam penerimaan pembiayaan serta pengeluaran pembiayaan. Mengenai penerimaan pembiayaan adalah sisa lebih perhitungan biaya (SiLPA) th. terlebih dulu, pencairan dana cadangan, serta hasil penjualan kekayaan desa yang dipisahkan. Sedang pengeluaran pembiayaan yaitu pembentukan dana cadangan, serta penyertaan modal desa

  • #3141

    Menteri Desa Pembangunan Deerah Tertinggal dan Transmigrasi (Menteri PDT) Eko Putro Sandjojo meminta kepada seluruh Kepala Desa di Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah untuk menggunakan dana desa secara swakelola atau padat karya

    “Semua proyek pembangunan yang menggunakan dana desa tidak boleh pakai kontraktor. Kalau kalian pakai kontraktor nanti akan berurusan dengan penegak hukum,” kata Eko Putro Sandjojo doa shalat istikharah dalam kunjungan kerja ke Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah, Minggu (18/11).

    Menurutnya, penggunaan dana desa yang dilakukan secara swakelola tersebut akan mengurangi jumlah pengangguran dan kemiskinan di pedesaan karena warga desa bisa mendapat upah dari pekerjaan secara swakelola.

    “Nanti akan ada SKB 4 menteri atau perpres. Bahwa semua proyek dari dana desa harus dilakukan secara swakelola. tidak boleh pakai kontraktor,” tegasnya.

    Diakuinya, masih terdapat kendala terkait aturan dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/ Jasa Pemerintah (LKPP) bahwa proyek di atas Rp 200 juta atau yang pekerjaannya kompleks tidak boleh swakelola.

    “Aturan itu sudah diminta oleh presiden di rapat terbatas agar bisa diubah pada bulan ini juga. Jadi bacaan doa qunut tahun depan aturannya semua bisa dilakukan untuk dana desa secara swakelola,” katanya.

    Lebih lanjut Eko menambahkan bahwa dana desa juga wajib digunakan untuk membayar upah para pekerja dari masyarakat desa yang mengerjakan proyek pembangunan dengan menggunakan dana desa tersebut minimal sebesar 30 persen.

    “Jadi tahun depan, penggunaan dana desa wajib digunakan secara swakelola dan 30 persen untuk membayar upah pekerja,” tegasnya.

  • #3162

    Pada tahun ini, BUMDes jadi salah satunya program prioritas Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Ketinggalan, serta Transmigrasi (Kemendes PDTT) tidak hanya prukades, embung desa, serta fasilitas berolahraga desa. Ke empat program prioritas itu diinginkan dapat tingkatkan perekonomian di desa.

    ” Selain itu ada padat karya tunai dana desa. Dana desa itu idenya merupakan uang diberi ke desa digunakan untuk pembangunan desa, hingga uang itu dapat streaming tv one menggerakkan ekonomi desa, ” katanya.

    Ia menyampaikan, pembangunan dana desa tahun awal mulanya memang masih tetap ada yang memakai kontraktor. Akan tetapi tahun ini, semuanya project dana desa harus dikerjakan dengan cara swakelola.

    ” Memang dahulu aturannya project diatas Rp200 juta tidak bisa swakelola. Tetapi saat ini aturannya dirubah. Untuk dana desa mesti swakelola, berapapun jumlahnya proyeknya, ” tegas dia.

    Akademi Desa 4. 0 adalah wadah kursus dari Kemendes PDTT yang di luncurkan semenjak 24 mei 2018. Akademi Desa 4. 0 di dukung oleh lebih streaming kompas tv dari 100 perguruan tinggi di Indonesia yang tergabung dalam komunitas Perguruan Tinggi Untuk Desa (Pertides) menjadi pelatihnya.

  • #3177

    terima kasih informasinya
    Nama Bayi Laki Laki Modern

Anda harus masuk untuk membalas topik ini.