Bersama Membangun Desa Forum Kategori Keuangan & aset Kades Diberi Pelatihan Pengelolaan Keuangan Desa

Kades Diberi Pelatihan Pengelolaan Keuangan Desa

Bersama Membangun Desa Forum Kategori Keuangan & aset Kades Diberi Pelatihan Pengelolaan Keuangan Desa

Topik ini memiliki 4 replies, 5 voices, dan update terakhir oleh  dudut prayoga 6 months, 4 weeks ago.

  • Author
    Replies
  • #2570

    Upaya yang bagus untuk peningkatan kapasitas. Mudah2an bisa diikuti oleh kabupaten lain. Sehingga kerja kepala desa jadi lebih semangat.

  • #2578

    Selain dari supply side, nampaknya dari demand sidenya juga perlu ditingkatkan kapasitasnya, misalnya masyarakat diberikan pelatihan pengawasan penggunaan APB Desa. Dengan partisipasi aktif warga dalam pengawasan anggaran desa, Pemdes lebih berhati2 mengelola penggunaan anggaran desanya.

  • #3100

    Peneliti ICW Febri Hendri menyambut positif MoU yang menegaskan keterlibatan Polri dalam mengawasi dana desa. Menurut Febri, Polri bisa menjalankan tugas ini karena mereka mempunyai sumber daya sampai ke daerah melalui polsek dan polresnya.

    “Kita menyambut positif MoU tersebut karena Polri melakukan ini dengan memanfaatkan sumber daya mereka yang di daerah di mana KPK tidak bisa menjangkaunya,” ujar Febri di Jakarta, Rabu (25/10).

    Namun, Febri berharap agar ada upaya peningkatan kapasitas dan integritas polisi-polisi di daerah sehingga pengawasan dana desa bisa efektif. Menurut dia, polisi-polisi di daerah harus paham soal dana desa, mekanisme pengelolaan, pencairan dan pertanggungjawabannya.

    “Jangan sampai nanti justru polisi bisa menambah masalah baru karena mereka terlibat juga dalam korupsi dana desa. Karena peningkatan kapasitas dan integritas perlu dilakukan melalui berbagai latihan-latihan, pendalaman-pendalaman materi dan upaya lainnya,” imbuh dia.

    Febri menegaskan yang dilakukan Polri adalah penindakan sehingga tidak ada pelanggaran hukum dalam pengelolaan dana desa. Namun, menurut dia, penindakan tidak cukup, harus dibarengi dengan pencegahan terjadinya korupsi dana desa.

    “Pencegahan dilakukan dengan cara memperkuat kapasitas perangkat desa oleh Kementerian Dalam Negeri sehingga bisa mencegah korupsi karena ketidakmampuan perangkat desa dalam mengelola anggaran,” kata dia.

    Selain itu, Febri juga berharap Satuan Tugas Dana Desa yang telah dibentuk oleh Kementerian Desa dimaksimalkan untuk melakukan pelatihan kepada pendamping dan kepala desa. Bila perlu, kata dia, dibentuk inisiatif bersama antara harga hp xiaomi pemerintah dan masyarakat sipil untuk mensinergikan inovasi dalam mengawal dana desa seperti membuat Open Data Keuangan Desa. Inovasi ini bisa memperbaiki tata kelola desa sekaligus mencegah korupsi.

    “Yang paling penting adalah perlu keterlibatan masyarakat desa dalam mengawasi dana desa. Caranya, pemerintah desa perlu membuka akses informasi dan mengajak masyarakat melalui Badan Permusyawaratan Desa atau BPD untuk aktif terlibat dalam pembangunan desa, dari pemetaan kebutuhan desa, perencanaan, pengelolaan hingga pertanggungjawaban,” pungkas dia.

    Sebagaimana diketahui, ICW pernah merilis temuan-temuan penyebab korupsi dana desa yang marak terjadi sekarang ini. Pertama, adalah pelibatan masyarakat yang kurang dalam proses perencanaan dan pengawasan dana desa. Akses masyarakat untuk mendapatkan informasi pengelolaan dana desa dan terlibat aktif dalam perencanaan dan pengelolaan dalam praktiknya dibatasi.

    Penyebab kedua, terbatasnya kompetensi kepala desa dan perangkat desa. Keterbatasan ini khususnya mengenai teknis pengelolaan dana desa, pengadaan barang dan jasa serta penyusunan pertanggungjawaban keuangan desa.

    Penyabab ketiga adalah tidak optimalnya peran lembaga-lembaga desa baik langsung maupun tidak langsung. Lembaga-lembaga desa tidak memainkan peran penting dalam pemberdayaan masyarakat dan demokrasi tingkat desa, seperti Badan Permusyawaratan Desa atau BPD.

    Penyebab keempat adalah penyakit cost politik tinggi akibat kompetitifnya arena pemilihan kepala desa. Meningkatnya anggaran desa diserta dengan meningkatnya minat banyak pihak untuk maju dalam pemilihan kepala desa tanpa agenda dan komitmen membangun desa.

  • #3158

    Sebagaimana diketahui, ICW pernah merilis temuan-temuan penyebab korupsi dana desa yang marak terjadi sekarang ini. Pertama, adalah pelibatan masyarakat yang kurang dalam proses tv online sport perencanaan dan pengawasan dana desa. Akses masyarakat untuk mendapatkan informasi pengelolaan dana desa dan terlibat aktif dalam perencanaan dan pengelolaan dalam praktiknya dibatasi.

    • This reply was modified 6 months, 4 weeks ago by  dudut prayoga.

Anda harus masuk untuk membalas topik ini.