Dana Desa Berhasil Turunkan Angka Kemiskinan 4,5 Persen
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Ketinggalan, serta Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo menyebutkan, dana desa dalam tiga th. paling akhir sukses turunkan kemiskinan di desa sebesar 4, 5 %. Angka ini lebih tinggi dibanding penurunan angka kemiskinan di kota yang sejumlah 4 %.

“Kita menyelamatkan 10 juta kemiskinan di desa. Tapi masih tetap ada 16 juta atau 12 % kemiskinan di desa, masih tetap tinggi, PR kita banyak. Kita harus meyakinkan live streaming kalau program (dana desa) yang baik ini selalu berkepanjangan, ” katanya waktu jadi pembicara pada public lecture Desa Maju, Rakyat Sejahtera, Indonesia Makmur yang diadakan oleh DPP Projo di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Sabtu (10/3).

Ia mengungkap, dana desa juga sukses turunkan gini ratio perdesaan dari 0, 334 jadi 0, 32. Diluar itu, juga kurangi angka stunting di Indonesia sampai 10 % yaitu dari 37 % jadi 27 %.

“Kita dapat mnegurangi gini ratio di desa. Bila kita cermati gini ratio di desa hanya 0, 32, gini ratio di kota 0, 407 serta gini ratio nasional 0, 39, ” katanya.

Menteri Eko menyebutkan, dana desa yang disalurkan dari th. 2015 sampai th. 2018 cukup fantastis yaitu sebesar Rp187 Triliun. Yang mana sebesar 30 % dari Rp60 Triliun dana desa th. 2018 dipakai untuk membayar gaji pekerja project dana desa. Walau sekian ia mengingatkan, kalau dana desa tidak bisa dipakai untuk membayar upah piranti desa.

“Dana desa bukanlah untuk upah (piranti desa), semuanya cost piranti desa berada di ADD-nya. Tapi saya kasih tahu, gedekan (perbesar) BUMDes-nya (Tubuh Usaha Punya Desa) jadi PAD-nya (Pendapatan Asli Desa) dapat bertambah, hingga beberapa keuntungan BUMDes dapat juga untuk menaikkan pendapatan piranti desa, ” terangnya.


1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 5.00 out of 5)
Loading...

FavoriteLoadingFavorit

Tentang penulis