Daftar Herbal untuk Asam Lambung Yang Ternyata Ampuh
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Sistem pencernaan manusia memiliki fungsi yang sangat penting bagi tubuh. Karena digunakan untuk memproses makanan. Sehingga jika seandainya terjadi masalah atau gangguan pada bagian tubuh yang satu ini akan berdampak pada tubuh yang tidak bisa menyerap asupan nutrisi secara optimal.

Ada beragam jenis gangguan yang berhubungan dengan sistem pencernaan, diantaranya yang paling sering terjadi adalah naiknya asam lambung atau yang dikenal sebagai GERD.

GERD ini adalah penyakit yang pada dasarnya dapat dialami oleh siapa saja, baik itu anak-anak hingga orang lanjut usia. Kondisi semacam ini tentunya akan menyebabkan rasa yang kurang nyaman bagi tubuh. Karena nantinya perut akan terasa panas, bahkan juga tak jarang disertai dengan gejala lain layaknya mual dan juga muntah.

Pastinya Anda tidak ingin hal tersebut sampai terjadi bukan. Sebelum bertambah parah maka ada baiknya untuk segera dilakukan pengobatan. Beberapa alternatif pengobatan dapat dipilih, yaitu dengan mengandalkan obat-obatan kimiawi atau medis dari dokter, maupun dengan alternatif obat herbal.

Berikut ini ada beberapa jenis herbal untuk asam lambung yang nyatanya efektif digunakan mengatasi gangguan tersebut, yaitu:

1. Teh herbal, diantaranya adalah teh jahe maupun teh chamomile yang memang sangat bagus untuk meredakan rasa mual yang dipicu oleh naiknya asam lambung. Jenis teh yang satu ini juga sangat mudah untuk dijumpai di pasaran, sehingga tak perlu khawatir untuk menemukan produknya.

Dari segi efektifitasnya sendiri juga bagus untuk mengatasi beragam masalah kesehatan, tak hanya gangguan pada lambung saja tentunya, Anda dapat mengonsumsinya bahkan setiap hari sebagai upaya untuk mencegah gangguan lambung tersebut agar tidak muncul kembali. Namun sebaiknya hindari konsumsi te mint karena akan memperparah kondisi tersebut.

2. Madu dan kunyit, efek antioksidan yang ada pada madu memang sangatlah bagus, bahkan ia juga sangat berkhasiat untuk melindungi organ lambung Anda dari resiko penyakit, sehingga tak ada salahnya untuk memanfaatkannya. Madu dan kunyit memang memiliki khasiat diantaranya adalah anti inflamasi, antibakteri dan juga dapat menyembuhkan luka. Namun pastikan bahwa madu yang Anda konsumsi tersebut benar-benar asli.

3. Bunga kantil, dikenal juga sebagai bunga cempaka putih, air bunga kantil ini nyatanya memiliki banyak sekali manfaat. Termasuk diantaranya karena ia mampu untuk mengatasi gangguan pada perut seperti diantaranya adalah asam lambung.

4. Daun pepaya, tak hanya buahnya saja, karena ternyata daunnya juga kaya akan manfaat, dimana memang kandungan flavonoid dan juga fenol yang ada didalamnya begitu tinggi, bahkan jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan buahnya. Sehingga ia berkhasiat untuk menurunkan asam lambung yang naik. Anda dapat mengonsumsinya setelah direbus.

5. Buah dewandari, orang-orang lebih mengenai buah yang satu ini sebagai buah cermai, jangan salah karena ternyata ia kaya akan kandungan antioksidan yang bagus untuk tubuh. Mampu untuk mengurangi masalah asam lambung yang Anda derita. Bisa dikonsumsi secara langsung, meskipun rasanya agak masam namun banyak khasiatnya untuk kesehatan.

Itulah beberapa pilihan herbal untuk asam lambung yang dapat Anda manfaatkan untuk mengobati penyakit tersebut. Hanya saja untuk pengobatan menggunakan bahan herbal ini hasilnya baru akan terasa setelah rutin digunakan tidak bisa secara langsung, sehingga harus sabar. Namun jika seandainya Anda menginginkan hasil yang cepat tentunya juga bisa, yaitu dengan mengandalkan obat-obatan yang banyak dijual di apotek atau dari dokter.

Referensi:

Healthline. Can You Use Turmeric to Treat Acid Reflux?. Diakses pada 2021.
Medicalnewstoday. Turmeric for acid reflux: What to know. Diakses pada 2021.
Ncbi. Curcumin: A Potent Protectant against Esophageal and Gastric Disorders. Diakses pada 2021.
Promag. Kunyit Untuk Asam Lambung. Diakses pada 2021.


1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

FavoriteLoadingFavorit

Tentang penulis