BUMDES KALPATARU KANREAPIA LESTARIKAN BUAH MARKISA LOKAL
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Badan usaha Milik Desa  Kanreapia,  ( Bumdes Kalpataru ) melihat potensi  Desa Kanreapia Kecamatan Tombolo Pao Kabupaten Gowa, mempunyai potensi yang luar biasa pada sector pertanian.

Desa Kanreapia menjadi salah satu desa penghasil Sayuran terbesar yang ada diKabupaten Gowa, seperti, Kol, Sawi, Wortel, Daun bawang, Tomat dan Kentang yang kemudian di Pasarkan Ke beberapa pasar di kota Makassar dan ke Luar daerah seperti Kalimantan.

Dari potensi tersebut, ternyata ada satu buah andalan Desa Kanreapia, yang juga menjadi satu – satunya buah yang dapat tumbuh maksimal yakni buah Markisa.

Buah ini pernah jaya sekitar tahun 1970an hingga 2000, dan digeser oleh tanaman sayuran karena dinilai lebih menguntungkan.

Hal tersebut dinilai oleh Bumdes Kalpataru bahwa jika Sayuran telah mampu mensejahterakan Masyarakat Petani, itu pantas di Syukuri, namun jika pekarangan Rumah dan Lahan Tidur dimanfaatkan untuk ditanami buah markisa maka akan menjadi pendapatan tambahan buat petani.

Markisa akan menjadikan pendapatan masyarakat Desa Kanreapia mendapatkan pendapatan yang dobel baik dari sayuran dan dari buah markisa. Olehnya itu saat ini bibit markisa telah dibagikan ke beberapa petani agar mereka kembali melestarikan buah markisa.

Selain itu lokasi percontohan khusus kebun Markisa juga di siapkan dengan bekerja sama dengan PPL Kecamatan Tombolo Pao dan Kelompok – Kelompok Tani agar kelestarian buah markisa Lokal lebih cepat menyebar dan berbuah.

 

 


1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

FavoriteLoadingFavorit

Tentang penulis