Bagaimanakah cara kerja printer thermal?
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Sesuai dengan namanya, printer thermal memakai tehnologi panas (termal) untuk aktifkan tinta. Proses dokumen yang Anda bikin memakai printer thermal sendiri berbentuk teks serta grafis simpel. Gulungan kertas akan dimasukkan ke piranti, lalu akan menggelap saat dipanaskan. Kertas yang diciptakan lalu ditarik berdampingan dengan kepala bikin berisi pemanas elektronik.

Kenapa printer tipe ini memakai pemanas elektronik hebat? Masalahnya tidak sama dari printer umumnya, tipe printer ini tidak memercayakan tinta cair atau toner (serbuk) dan peralatan lain mengingat ukurannya yang kecil. Ini juga yang membuat pemeliharaannya relatif gampang. Serta sebagian orang memandang printer thermal semakin ringkas dibanding printer dot matriks.

Sejumlah besar printer tipeini yang ada di pasar cetak teks atau grafis dalam warna hitam. Tetapi, ada pula yang telah memakai warna lain. Printer thermal lalu dipisah jadi dua tipe, diantaranya:
1. Thermal wax transfer

Ke tipe printer thermal ini, proses pencetakan manfaatkan pin yang dipanaskan. Selanjutnya, lilin memiliki kandungan tinta dilelehkan untuk cetak teks atau grafis. Lelehan lilin lalu akan menahan tinta menebar ke kertas, hingga hasil cetakan bisa bisa dibaca. Dari sisi perawatan, thermal wax transfer memerlukan perawatan periodik untuk bersihkan tinta atau bagian lilin ke kepala printer.
2. Direct thermal transfer

Bila thermal wax transfer memakai pin, karena itu direct thermal transfer menggunakan kepala pin yang dipanaskan untuk cetak suatu hal. Tipe printer ini ini akan memberi info langsung serta tidak memerlukan pita atau ribbon untuk membuahkan cetakan. Anda yang membutuhkan printer thermal dengan perawatan ringkas, karena itu direct thermal transfer ialah pilihan yang pas.

Tipe printer thermal meliputi ukuran serta manfaatnya. Ada printer thermal yang ukurannya semakin besar, ada juga yang direncanakan portabel agar dapat dibawa ke mana-mana. Meskipun begitu, sebagian orang masih sangsi memakai printer thermal. Faktanya bermacam dari kekurangan ukuran kertas sampai tehnik cetak.
Peranan serta faedah printer thermal

Sama seperti yang sudah disinggung, printer thermal dipandang merupakan jalan keluar buat banyak faksi untuk cetak bill atau bukti pembayaran yang lain dalam ide yang semakin ringkas. Karena itu, Anda akan seringkali mendapatkan tipe printer ini di beberapa tempat seperti SPBU, mesin ATM, mesin barisan, kios info, serta skema POS di pusat belanja.

Dari sisi harga, printer thermal semakin lebih dapat dijangkau. Anda perlu mempersiapkan peralatan penambahan seperti gulungan kertas yang ideal serta piranti yang cocok untuk percetakan. Tidak itu saja, waktu cetak bukti pembayaran atau transaksi, printer thermal tidak akan memunculkan keributan. Namun, Anda harus menghitung terlebih dahulu cara zoom meeting gulungan kertas, sebab tidak semua gulungan kertas muat di printer thermal atau justru terlalu licin sampai susah untuk lakukan pemanasan dalam piranti.

Dengan bujet yang semakin dapat dijangkau, printer thermal akan mengirit pengeluaran Anda. Hingga ongkos yang masih ada dapat didistribusikan untuk keperluan lain.
Keunggulan menggunakan printer thermal

Sesudah ketahui peranan serta faedah printer thermal, silahkan kita dalami beberapa keunggulan dari penggunaan permakaian itu, diantaranya:
1. Kecepatan cetak

Saat cetak dokumen dengan printer biasa, Anda kemungkinan harus menanti beberapa menit sampai menit bergantung jumlah berkas yang akan diciptakan. Terkadang prosedurnya terhalang jika stock kertas habis atau tintanya jadi kering.

Tetapi, Anda tidak akan hadapi permasalahan itu waktu memakai printer thermal. Kenapa? Ini dikarenakan printer thermal punyai tingkat kecepatan sampai 20 baris per detik. Cukup jauh jika Anda banding dengan printer dot matriks yang cuma dapat membuahkan 3 baris per detik.
2. Kualitas cetakan semakin jelas

Walau prosedurnya tidak memakai tinta, rupanya printer thermal dapat memberi kualitas bikin yang pasti serta tajam. Beda ceritanya jika Anda memakai printer dot matriks, sebab piranti ini memakai tehnologi tidak sama.

Ke dot matriks, cetakan dibuat dari tatap muka ribbon dengan delapan kabel kecil yang sejajar di kepala dot. Tidak ada proses pemanasan sama seperti yang diaplikasikan printer thermal. Dari sini, Anda dapat nilai sendiri bagaimanakah cara kerja ke-2 printer itu dengan tipe yang lain.
3. Simbol yang tercetak tajam

Untuk keperluan spesifik seperti di supermaket atau bank, simbol yang tercantum di bukti pembayaran harus tercantum jelas. Pasalnya struk atau bill itu dapat dibuat tanda bukti untuk kembalikan barang, mengatur berkas yang hilang, sampai masalah penipuan yang menyertakan pembayaran.

Printer thermal direferensikan untuk kebutuhan itu sebab semua teks atau grafis yang tercantum akan tampil dalam kertas. Hebatnya lagi, printer thermal dapat cetak gambar spesifik hasil dari ambil atau file yang Anda taruh di RAM computer. Hebat, kan?


1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

FavoriteLoadingFavorit

Tentang penulis