Arti Follow Up Bagi Kemajuan Dan Perkembangan Bisnis
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Perlu Anda ketahui, bahwa untuk mempertahankan sebuah perusahaan atau bisnis dari kerasnya persaingan dagang, maka diperlukan penerapan sistem manajemen yang baik. Aspek follow up sendiri merupakan salah satu aspek penting bagi kemajuan dan perkembangan sebuah bisnis.

Meski follow up ini memiliki peranan penting dalam dunia bisnis, namun ternyata masih banyak orang yang belum memahami sepenuhnya tentang arti penting akan follow up ini. Untuk itu, berikut ini akan dijelaskan tentang arti follow up dalam bisnis, terlebih untuk Anda yang masih awam akan hal ini.

Arti Follow Up

Follow up berasal dari Bahasa Inggris yang berarti menindak lanjuti. Namun, dalam dunia bisnis kata follow up ini berarti sebuah kegiatan yang dilakukan untuk menindaklanjuti adanya aktivitas tertentu. Follow up sendiri sering kali dilakukan sebagai sebuah langkah strategis yang dilakukan oleh suatu perusahaan setelah dilakukannya pemasaran kepada calon konsumen.

Dilakukannya proses pemasaran ini tentu saja bukan berarti bahwa perusahaan tersebut sudah tidak menindaklanjuti hal tersebut terhadap calon konsumennya. Tujuan dilakukannya follow up ini sendiri adalah untuk menarik respon dari para calon konsumen akan produk yang sudah ditawarkan sebelumnya.

Untuk bisa melakukan follow up, maka Anda pun bisa bertanya secara langsung terkait bagaimana tanggapan dari calon konsumen terhadap produk yang telah dipasarkan atau diperkenalkan sebelumnya.

Arti Follow Up Dalam Dunia Bisnis

1. Meningkatkan Penjualan Bagi Perusahaan

Fungsi utama dilakukannya promosi, dan follow up ini adalah untuk meningkatkan nilai jual produk untuk meningkatkan pemasukan perusahaan. Selain ditujukan untuk konsumen lama, cara ini juga bisa dijadikan sebagai peluang bisnis bagi calon konsumen baru.

2. Penyampaian Informasi Terbaru Kepada Konsumen

Follow up dilakukan untuk memberikan informasi terbaru kepada konsumen terkait dengan produk yang dipasarkan. Ketika informasi tersebut diberikan, maka diharapkan bahwa calon konsumen akan merasa tertarik untuk mencoba dan melakukan transaksi pembelian.

3. Sebagai Pengingat Pada Konsumen Akan Produk Anda

Follow up juga bisa diartikan sebagai bentuk pengingat yang dilakukan oleh Anda kepada para konsumen akan produk yang Anda miliki. Ketika konsumen setia Anda belum juga melakukan pembelian, bisa jadi konsumen tersebut tengah mempertimbangkan untuk membeli produk Anda atau tidak. Dengan dilakukannya follow up, tentu saja Anda akan memberikan informasi yang lebih detail terkait produk yang Anda jual, sehingga konsumen pun tidak merasa ragu untuk membeli.

4. Menjalin Hubungan dengan Konsumen Baru

Follow up yang dilakukan juga bisa dikategorikan sebagai sebuah upaya untuk menjalin hubungan baik dengan konsumen baru. Dengan begitu, Anda pun akan mendapatkan kepercayaan yang lebih dari calon pembeli. Selain itu, Anda juga akan dengan mudah menawarkan produk terbaru kepada para konsumen tersebut.

5. Membangun Hubungan Bisnis dalam Jangka Panjang

Follow up juga bisa menjadi media untuk Anda dan konsumen dalam menjalin hubungan baik secara berkala untuk mengembangkan bisnis Anda tersebut. Hubungan baik ini tidak hanya harus dilakukan kepada konsumen baru saja, melainkan juga dengan konsumen setia Anda. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kepercayaan yang sudah tumbuh sebelumnya.

Dengan komunikasi baik yang sudah terbentuk sebelumnya ini akan menjadi sebuah fondasi akan terjalinnua hubungan bisnis dalam jangka panjang, sehingga jika suatu saat konsumen ingin membeli produk Anda maka tidak ada keraguan lagi untuk langsung menghubungi Anda.

Demikianlah penjelasan singkat terkait dengan arti follow up yang ada dalam dunia bisnis. Semoga penjelasan ini membantu untuk lebih meningkatkan bisnis Anda, sehingga bisnis Anda pun bisa berkembang dengan lebih baik lagi.


1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 5.00 out of 5)
Loading...

FavoriteLoadingFavorit

Tentang penulis