Apa Itu UNICEF dan Cara Donasi Online Unicef
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Sebagai organisasi terkemuka di dunia, pastinya Anda sudah sering mendengar UNICEF yang dinaungi langsung oleh PBB.

Guna mendukung perkembangan anak di berbagai negara, tak sedikit juga para selebritas dunia yang terlibat secara langsung dengan kegiatan UNICEF.

Baca juga: Cara berhenti donasi UNICEF

Sayangnya masih belum banyak orang yang mengetahui secara detail apa itu UNICEF dan cara donasi online UNICEF, untuk itu berikut kami rangkumkan secara lengkap untuk Anda.

Apa Itu UNICEF?

UNICEF adalah kependekan dari United Nations Children’s Fund yaitu sebuah organisasi khusus yang bergerak untuk membantu memenuhi kebutuhan anak-anak maupun ibu di negara berkembang.

Mulanya, organisasi ini dibentuk untuk memberikan bantuan kemanusiaan kepada para korban yang terdampak perang dunia dua.

Seiring berjalannya waktu, UNICEF pun memfokuskan misi dan visinya untuk menanggulangi kekerasan, kemiskinan, diskriminasi, wabah penyakit serta berbagai permasalahan lainnya guna mewujudkan dunia yang menghargai setiap hak anak.

UNICEF sendiri dibentuk sejak tanggal 11 Desember 1946 dengan kantor pusat berada di Amerika Serikat, tepatnya New York.

Saat ini, UNICEF pun berekspansi sehingga setiap negara memiliki wadah untuk membantu menyalurkan donasi yang diberikan oleh pemerintah maupun pribadi terhadap korban.

Hingga kini UNICEF sudah memiliki anggota sebesar 7000 orang yang disebarluaskan di 158 negara.

Pentingnya Berdonasi Melalui UNICEF

Dengan melakukan donasi melalui UNICEF, Anda telah membantu anak-anak untuk menjalani kehidupan yang berbeda.

Melalui UNICEF, para donatur bisa membantu mewujudkan ruang belajar yang lebih efektif seperti menyelamatkan terbatasnya buku sekolah pada wilayah pedalaman, membantu melindungi anak-anak dari segala bentuk penyakit.

Selain itu, UNICEF juga berperan dalam membantu anak-anak untuk tumbuh dengan aman dan sehat sehingga menghasilkan pribadi yang lebih cerdas dan berguna untuk orang-orang di sekitarnya.

UNICEF memiliki jangkauan luas dan bersifat global sehingga tidak hanya fokus pada anak-anak di negara masing-masing tetapi seluruh dunia.

Oleh karena itu, dengan donasi yang telah disalurkan Anda tidak hanya membantu untuk memperbaiki masa depan bangsa sendiri tetapi dunia.

Cara Donasi Online UNICEF

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, UNICEF menjadi wadah untuk menyalurkan segala bentuk bantuan ke beberapa wilayah untuk mengembangkan dan mencerdaskan setiap anak-anak bangsa.

Nah, untuk penyalurannya sendiri, setiap negara sudah memiliki sekelompok anggota UNICEF yang bertugas untuk mengumpulkan dana dan menyalurkannya, termasuk Indonesia.

Donasi UNICEF ini bisa dilakukan secara online melalui website resmi UNICEF di berbagai negara.

Untuk di Indonesia, Anda bisa mengikuti langkah mudah berikut ini.

  1. Buka website resmi UNICEF.
    Sebagai langkah awal, bukalah salah satu browser Anda dan masuk ke halaman resmi UNICEF Indonesia dengan cara mengunjungi supportunicefindonesia.org.
  2. Pilih frekuensi donasi.
    Setelah itu Anda akan dibawa langsung ke halaman utama donasi online UNICEF Indonesia. Di halaman tersebut terdapat dua pilihan frekuensi donasi yaitu donasi rutin dan donasi satu kali. Donasi rutin berarti Anda melakukan donasi secara otomatis setiap bulan menggunakan sistem autodebet. Pilih frekuensi donasi yang diinginkan.
  3. Pilih nominal donasi.
    Langkah berikutnya yaitu memilih nominal donasi mulai dari Rp 150.000, Rp 300.000, Rp 500.000 atau Rp 1.000.000. Selain itu, Anda juga bisa memilih nominal lainnya dengan cara klik Jumlah Lain.
  4. Pilih metode transaksi.
    Selanjutnya pilihlah metode transaksi, bisa menggunakan kartu kredit, transfer bank atau melalui gerai rekanan UNICEF Indonesia seperti Alfamart, Alfamidi, Alfaexpress maupun Lawson.
  5. Isi form donasi.
    Tahapan selanjutnya yaitu mengisi form donasi yang meliputi nama lengkap, alamat email dan nomor telepon. Pastikan untuk mengisi nomor telpon dan email yang masih aktif.
  6. Mulai Donasi.
    Terakhir, mulailah melakukan donasi dengan cara klik tombol Bantu Sekarang yang terletak pada halaman paling bawah.

Nah, demikian tadi ulasan singkat terkait apa itu UNICEF dan cara donasi online UNICEF yang bisa dijadikan panduan untuk berbagai dan turut serta dalam mencerdaskan dan mengentaskan anak-anak dari kemiskinan dan berbagai permasalahannya.

Yuk, mulai donasikan diri dari sekarang juga karena uluran tangan Anda adalah kebahagiaan mereka.


1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 5.00 out of 5)
Loading...

FavoriteLoadingFavorit

Tentang penulis

Rezza Indra Rahayu 191994

CEO KuotaMedia Grup Seorang sarjana ekonomi sebagai blogger, ia sebagai Editor-in-Chief sekaligus pemilik utama kuotamedia grup.